Bedanya Sibuk dan Produktif

Sebagai emak rumah tangga, kita sudah terbiasa ya Moms menjadi perempuan yang sibuk setiap harinya. Masak, beres-beres rumah, mandiin anak, nyuci piring, nyuci baju, dan sebagainya. Belum lagi kalau emak ada aktivitas lain misal jualan online, penulis, pekerja kantoran, dan lainnya. Tentu akan lebih menyibukkan ya, Moms. Ujungnya bisa menjadikan stres kalau aktivitas tidak tertata dengan rapi.

Nah semua aktivitas tersebut apakah hanya menjadikan kita orang sibuk saja? Atau bisa membuat kita menjadi perempuan produktif?

Menurut KBBI, Produktif adalah sesuatu yang bersifat atau mampu menghasilkan dalam jumlah besar. Bisa juga berarti mampu mendatangkan atau memberi hasil dan manfaat.
Sedangkan sibuk dalam KBBI diartikan "banyak yang dikerjakan," atau "penuh dengan kegiatan." Artinya, sibuk hanya menghabiskan waktu tanpa hasil positif.

Pertanyaan selanjutnya, apakah semua aktivitas kita bisa mendatangkan hasil dan manfaat? Atau hanya sekadar menghabiskan waktu tanpa hasil apapun?

Kita cek yuk...

Orang yang sibuk akan merasa sehari 24 jam itu tidak cukup. Dan berpikir, mengapa harus ada tidur? Mengapa harus ada makan? Karena kalau saja tidak ada aktifitas itu, tentu waktu bisa digunakan untuk mengerjakan apa yang ingin kita lakukan.

Dan tahukah Moms? Itu SALAH!

Kita itu harus produktif. Kita harus mampu mengerjakan banyak hal namun menghasilkan manfaat. Nantinya kita akan merasa bahwa 24 jam itu cukup.
Caranya dengan memperbaiki manajemen waktu. :)

Dalam produktivitas, ada istilah Early Bird dan Owl Bird. Apa itu?

Early Bird adalah orang yang produktif di pagi hari. Sedang Owl Bird adalah orang yang produktif di malam hari.
Moms termasuk yang mana? Kalau saya cenderung owl bird. Karena malam adalah saat tenang dimana anak-anak sudah tidur, tidak ada yang bikin riweuh hehehe... Saat itulah biasanya ide cepat bermunculan.

Namun saya ingin mengubahnya, Moms. Karena owl bird membuat saya mudah lelah dan gampang terserang flu. Ujungnya, banyak pekerjaan lain terbengkalai. Makanya saya sudah mulai memperbaiki manajemen waktu saya dengan bantuan tools daily activity dan agenda harian. Biar enteng, jadi tahu apa-apa yang harus kita lakukan di hari itu. Nggak perlu ngawang-ngawang lagi deh. :D

Oh ya, tidak benar jika Early Bird pasti akan lebih sukses ketimbang Owl Bird atau sebaliknya. Karena keduanya mempunyai kesempatan sukses yang sama. Hal itu tergantung taraf produktifitas masing-masing, perbedaan hanya pada jamnya saja.

Nah, sudah cek Moms? Apakah Moms termasuk orang pagi atau malam?
Kalau kita sudah mengetahui, kita bisa maksimalkan produktifitas di sana.

Semangat produktif ya, Moms.. ;)


#indscriptcreative
#indscriptwriting
#indblack

Komentar