Bagaimana Mencintai Proses Bersama GIRL CODE dan LANGKAH SEJUTA SULUH



Hari ini saya kembali membagi informasi terkait Bedah Buku bersama Telkom Corporate University yang telah usai digelar pada 18 April 2018 tempo hari.
Kesempatan ini berdasarkan penyampaian oleh panelis ketiga, yaitu Nida Syauqiyah. Kelahiran tahun 1997, Nida merupakan Young CEO Indscript Digital dan telah melatih lebih dari 200 siswa SMA dan mahasiswa di Bandung untuk Memetakan Mimpi.



Dalam paparannya, Nida mengambil sudut pandang "How to Fall In Love With Process?"

Girl Code berisi cerita 10 perempuan hebat dan sukses termasuk Cara Alwill sebagai penulis. Halaman buku ini sebanyak 176 halaman.

Sedang Langkah Sejuta Suluh memiliki halaman 472. Cukup tebal seperti novel namun enak dibaca dan ceritanya mengalir. Buku ini merupakan sekuel dari buku Satu Juta Dolar.
Satu Juta Dolar mengisahkan Merry Riana saat masih kuliah. Sedang Langkah Sejuta Suluh menceritakan Merry lulus kuliah dan survive dari seorang sales menjadi seorang direktur.



Persamaan Kedua Buku
1. Penyampaian tidak membosankan
2. Kisah penuh perjuangan
3. Tidak menggurui, tapi membuat pembaca terinspirasi untuk melakukan hal yang sama seperti dalam buku. Seperti Indari Mastuti yang bertutur bahwa beliau telah membentuk tim canvaser, terinspirasi dari langkah Merry yang melakukan canvaser saat meraih impiannya.
4. Fokus pada mindset atau pola pikir
Mindset dalam kedua buku adalah berani berproses menuju sukses. Harus berani berproses di dalamnya ada berani gagal, berani dikucilkan, berani dihakimi, berani jatuh dan bangkit lagi.

Ketika Nida melatih anak SMA dan mahasiswa memetakan mimpi, mayoritas mereka bingung saat ditanya "Siapa Aku?" atau "Saya seperti apa?"
Sedangkan Merry Riana berusaha mengenali dirinya, menggali potensi diri, keinginan serta mimpinya.

Jadi mindset adalah yang harus dipegang erat oleh siapapun khususnya anak muda. Karena untuk mencapai kesuksesan, harus memperbaiki mindset terlebih dahulu.
Pengalaman dari seorang Nida Syauqiyah awalnya adalah seorang pemalu. Namun setelah berproses dan menggali potensi dirinya, ia pun bisa seperti saat ini menjadi Young CEO Indscript Digital.



Perbedaan Kedua Buku
1. Girl Code
  - Memiliki sisi interaksi dengan pembaca
  - Memiliki sisi motivasi yang jelas. Dalam buku ini terdapat lembar pada akhir tiap chapter-nya. Fungsinya untuk mencatat hal-hal yang termotivasi setelah membaca chapter yang bersangkutan.
  - Memiliki banyak sudut pandang di setiap permasalahan. Karena memuat wawancara kepada 10 perempuan berbeda oleh Cara Alwill (penulis).

2. Langkah Sejuta Suluh
  - Cerita lebih detail karena berfokus pada kisah Merry Riana saja.
  - Memiliki banyak interaksi dalam cerita dengan berbagai karakter seperti novel.
  - Memiliki motivasi yang tersirat. Pembaca bisa mengambil motivasi yang ada dalam buku tanpa merasa digurui.

Begitulah paparan Nida Syauqiyah terkait kedua buku motivasi di atas. Semoga bermanfaat. :)


#indscriptcreative
#indscriptwriting
#indblack

Komentar