Bank Sampah Siap Membawa Berkah Bagi Kediri

Sampah menjadi masalah bagi hampir semua orang karena ia selalu ada setiap harinya.


Namun ternyata hal tersebut tidak perlu lagi menjadi momok, karena kini sampah dapat dimanfaatkan menjadi berkah.

Yaitu dengan mendaur ulang sampah. Dan lebih baik lagi jika pendauran ulang sampah-sampah tersebut diwadahi oleh komunitas atau tempat tertentu. Selain memudahkan warga sekitar, juga memudahkan kelompok untuk penyaluran sampah pada tempat daur ulang sampah.

Bagaimana solusinya?
Yaitu dengan mendirikan Bank Sampah.

Sebenarnya apa itu Bank Sampah?

Bank sampah adalah tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah (ke tempat pengepul sampah).
Bank sampah dapat diprakarsai oleh masyarakat setempat yang dekat dengan lokasi sampah.

banksampahmelatibersih.com

Mengapa harus masyarakat?

Karena sejatinya masyarakatlah yang menciptakan sampah. Sehingga sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat itu sendiri untuk menanggulangi masalah yang terjadi akibat penumpukan sampah.

Maka bank sampah menjadi solusi terbaik, selain bisa didaur ulang juga menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual.

Pemerintah daerah bisa juga ikut andil dalam program bank sampah ini. Agar masyarakat semakin giat dalam memberdayakan sampah sekitar. Bisa dengan memberikan fasilitas atau sumbangan tertentu pada bank sampah yang ada, seperti dana insentif petugas bank sampah, sumbangan peralatan, perlengkapan, dan sebagainya.

Bank Sampah di Kediri

Berdasar data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), bank sampah di Jawa Timur terutama Kediri masih sangat sedikit. Bahkan di area tempat tinggal penulis (Pare) belum ada yang mempelopori bank sampah.
Maka ini menjadi wacana bagi masyarakat Pare yang mampu secara waktu, tenaga juga finansial untuk memprakarsai terbentuknya bank sampah di kota Pare kabupaten Kediri.

Sehingga masalah sampah yang kian hari kian menggunung dapat terselesaikan. Lingkungan tempat tinggal pun menjadi bersih, sehat dan indah. Kantong pun bisa terisi karena sampah kini membawa berkah.


Sumber :
wikipedia.org
sipsn.org


#indscriptwriting
#indblack
#indscriptcreative
#banksampah

Komentar

Larasati mengatakan…
Bank sampah ini menarik banget ya, jadi bikin sampah mempunyai nilai
Bety Kristianto mengatakan…
Di beberapa daerah sudah mulai digalakkan ya bank sampah ini. Semoga jadi salah satu solusi mengatasi sampah, sekaligus menghasilkan rupiah. Btw, salam kenal mba Indah 😊
Rindah mengatakan…
Iya Mba.. sampah jadi memiliki nilai dan manfaaf ☺
Rindah mengatakan…
Iya Mba, sayangnya dekat tempat tinggal saya belum ada. Semoga disegerakan.
Btw, salam kenal kembali Mba Bety😊
Unknown mengatakan…
saya juga tinggal di Pare mba Rini Indah,,,, sedang ikutan kultele mba DK wardhani "menuju rumah minim sampah" dan makin merasa sampahku tanggung jawabku, dan nyari2 info Bank Sampah terdekat, ketemulah blog ini. Salam kenal mba,,,