Indari Mastuti Tentang GIRL CODE dan LANGKAH SEJUTA SULUH




Bedah buku bersama Telkom Corporate University yang diselenggarakan pada 18 April 2018 menghadirkan 3 orang panelis.
Panelis yang pertama yaitu Dr. Astri Ghina telah memaparkan sudut pandang beliau di sini.

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan point of view Teh Indari Mastuti, CEO Indscript Creative, terhadap buku Girl Code dan Langkah Sejuta Suluh.



1. Girl Code
Buku berbahasa Inggris karya Cara Alwill Leyba ini menekankan bahwa perempuan harus bisa menghilangkan tabiat buruknya. Yaitu membandingkan dirinya dengan perempuan lain. 

Perempuan seharusnya bisa menggali potensi dirinya sendiri agar bisa sukses.
Menurut Teh Indari, perempuan nyaris sering menggunakan emosi seperti iri, dengki yang sebenarnya malah bisa mengerem langkahnya untuk sukses. Hal itu seperti pengalaman beliau membina komunitas-komunitas perempuan.



Kelemahan buku ini adalah berbahasa Inggris. Tidak semua perempuan Indonesia bisa membaca buju berbahasa Inggris. Kelemahan kedua yaitu minim visual.

2. Langkah Sejuta Suluh
"Jika kamu ingin sukses, duplikasi aku 100%, jangan setengah-setengah!"
Begitulah kata Merry Riana kepada timnya. Dan menurut Teh Indari, hal itu berlaku untuk semua perempuan.
Jadi setiap hal yang baik seperti sebuah kesuksesan bisa kita duplikasi dan modifikasi untuk langkah kita selanjutnya.

Merry Riana berpikir bahwa kesuksesan bukan milik orang kaya, atau milik orang yang dulunya sukses, atau milik orang-orang yang berada di lingkungan sukses. Melainkan kesuksesan digali oleh diri sendiri.

Pesan yang terkandung dalam buku ini ialah setiap orang terutama perempuan harus memiliki motivasi dan target yang jelas untuk mencapai sukses. Kemudian melakukan langkah nyata untuk keberhasilannya.

Jadi apa yang perlu diduplikasi dari buku tentang Merry Riana ini?



1) Memiliki motivasi hidup. Merry Riana memiliki motivasi meraih kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun.
2) Tidak berhenti belajar dan action. Dalam buku dikisahkan bahwa Merry Riana meraih sukses tidak dengan tertawa, tapi juga dengan menangis. Bahkan pernah dijatuhkan sesama perempuan. Tapi dirinya tidak menyerah dan terus bangkit.
3) Menduplikasi keberhasilan mentor. Jadi Merry Riana memiliki seorang mentor yang sukses. Karenanya Merry pun menduplikasi langkah kesuksesan sang mentor tersebut.
4) Terus membuka networking tanpa batas. Menjalin silaturahim, menambah teman baru dan semacamnya.
5) Melakukan strategi gila untuk mengejar target. Karena kalau mimpi besar, usaha atau action pun harus besar. Salah satu cara gila Merry adalah menggunakan canvaser yaitu menyebar brosur setiap hari secara konsisten. Merry juga membuka konsultasi selama 24 jam.

Teh Indari mengatakan bahwa buku ini renyah, namun minim visual seperti Girl Code. Padahal banyak penggalan kisah Merry yang seharusnya bagus jika ada visualnya.



Dibandingkan Girl Code, Teh Indari lebih banyak mengupas tentang Langkah Sejuta Suluh. Namun jika dikaitkan, kedua buku di atas memiliki beberapa benang merah, yaitu sebagai berikut :
- Untuk bisa sukses, kita harus memiliki motivasi
- Tidak boleh berhenti belajar
- Duplikasi mentor
- Membuka networking tanpa batas
- Strategi harus gila dalam meraih kesuksesan

Demikian. Semoga menginspirasi :)


#indscriptcreative
#indscriptwriting
#indblack

Komentar