Meraih Sukses Melalui GIRL CODE dan LANGKAH SEJUTA SULUH (1)



Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Telkom Corporate University mengadakan sebuah event Bedah Buku pada 18 April 2018. Acara tersebut akan diagendakan untuk diadakan tiap bulan. Selain sebagai sarana sharing kepada masyarakat, juga untuk Culture Aktivasi dari Telkom itu sendiri.

Acara pagi itu membedah 2 buku motivasi yang sarat inspirasi, yaitu Girl Code dan Langkah Sejuta Suluh. Bedah buku disampaikan oleh 3 panelis yang hadir, yaitu :
1. Dr. Astri Ghina, Dosen Kewirausahaan Telkom Corporate University. Pernah meraih The Best Doctoral Researcher pada tahun 2015.
2. Indari Mastuti, CEO Indscript Creative.
3. Nida Syauqi, Young CEO Indscript Digital.



Pada artikel kali ini penulis akan menyampaikan paparan bedah buku dari Dr. Astri Ghina. Dua panelis lain akan disampaikan pada artikel berikutnya Insya Allah...

1. Girl Code
Point of view yang dituturkan Dr. Astri Ghina tentang buku Girl Code ini adalah sebagai berikut :



- Orang sukses belum tentu open mind, belum tentu sehat jiwanya. Dan ketika orang sudah sukses, ia pun belum tentu bahagia. Jadi penulis buku ini ingin mengintegrasikan antara sukses, open mind, dan bahagia.
- Bagaimana mengenali diri sendiri. Kadang orang tahu apa yang harus dikerjakan, tahu bagaimana mengerjakan itu, namun jika ditanya mengapa mengerjakannya malah terdiam. Buku ini membantu mencari jati diri, passion, dan tujuan hidup.
- Penekanan attitude wanita yang tidak boleh iri pada wanita lain dan harus terbuka untuk dikritik.
- Mengajarkan visi yang kuat. We become what we believe. Jika believe (keyakinan) kuat, maka itu akan terjadi suatu hari nanti.
- Masa depan tidak berjalan dengan sendirinya, tapi harus diciptakan.


- Ketika punya mimpi, eksekusi dan jangan takut dengan resiko. Orang yang tidak mengambil resiko (do nothing) ternyata malah memiliki resiko yang lebih besar. Jadi do nothing bukanlah zona nyaman.
- Jangan takut salah. Jika salah, tinggal balik arah dan maju lagi. Gagal adalah bagian dari kesuksesan.
- Pentingnya lingkungan yang baik, karena bisa menstimulus hasil yang baik.
- Ketika sukses, jangan segan untuk membantu sesama (empowering woman).
- Continous learning. Terus belajar. Siap belajar apapun, di manapun, dengan siapapun.

2. Langkah Sejuta Suluh
Menurut Dr. Astri Ghina, buku ini menggunakan kata-kata yang bagus dan mengalir. Bahkan beliau terhanyut hingga meneteskan air mata saat membacanya.
Buku tentang true story perjalanan Merry Riana meraih sukses di negeri orang ini ditulis oleh Clara Ng. Dan keyword dari buku tersebut adalah berani. Jadi isi buku tersebut lebih berkisah tentang visi, action, dan passion.

rain-choco.blogspot.co.id

Menurut doktor Astri, buku ini menarik sekali. Karena berbicara passion itu tidak semudah itu. Buku ini bisa memberi pencerahan bahwa kita harus tahu mau kemana, berani melangkah mewujudkannya, dan terus belajar.

Dari buku-buku di atas, doktor Astri menarik kesamaan poin keduanya, yaitu :

- Mengenali diri sendiri itu tidak mudah. Make a deal with your self itu sulit. Tapi harus dilakukan.
- Hidup itu harus punya agenda. Hidup tanpa agenda tidak pernah ada arahnya. Jadi dengan agenda, tujuan hidup bisa didesain.


- Tidak ada level dalam mimpi. Kita boleh bermimpi tentang apapun. Tidak ada mimpi yang jelek. Tapi tentu saja mimpi itu haruslah sesuatu yang positif.
- Harus selalu berpikir positif, karena bisa melahirkan tindakan positif. Selanjutnya akan menghadirkan masa depan yang positif.
- Belajar terus dan bisa di mana saja.

Sebelum menutup paparannya, Dr. Astri Ghina meluruskan teori tentang sukses. Bahwa sukses tidak hanya bicara finansial, profit, ataupun kekayaan. Tapi sukses harus dilihat dari seluruh aspek personal orang yang bersangkutan.


Dan dikaitkan dengan kesuksesan seorang wanita yang memiliki banyak peran, mereka harus memiliki Balance Life antara keluarga, bisnis atau profesi, dan diri sendiri.


#indscriptwriting
#indscriptcreative
#indblack

Komentar